Penting! Sebelum Investasi Saham, Perhatikan Hal Ini Dulu


Infokecil - Untuk pemula yang berminat untuk investasi saham, tentu saja perlu memahami beberapa hal seputar cara main saham yang bisa cepat untung. Meskipun prosesnya tidak mudah, setidaknya tidak akan rugi. Sebelum mengetahui macam-macam saham, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips dari Infokecil yang mungkin bisa jadi bahan tambahan referensi anda untuk beri investasi saham.

Apa Saja Tips Investasi Saham untuk Pemula?

Pengalaman untuk investasi saham bisa beragam untuk setiap orang. Berikut ini adalah tips main saham untuk pemula.

1. Pahami Dulu Apa Itu Saham

Mungkin Anda sudah sering mendengar teman-teman membicarakan saham. Mengapa banyak orang memilih investasi saham? Karena memang modalnya relatif rendah dan juga praktis. Saham merupakan sekuritas yang bisa mewakili sebagian kecil kepemilikan di perusahaan. Dalam proses transaksi harus sesuai peraturan pemerintah supaya investor terlindungi dari penipuan.

2. Ketahui Pentingnya Saham untuk Investor dan Perusahaan

Orang yang menjadi investor memilih saham tertentu karena transaksi yang paling minim risiko, murah, dan mudah. Investor yang menanamkan saham di perusahaan, artinya mereka resmi punya hak milik sebagian nilai perusahaan. Investor bisa menanam saham di beberapa perusahaan, dan mereka bisa memantau pergerakan saham masing-masing perusahaan.

Sementara itu, bagi perusahaan juga ada alasan tersendiri saat mereka memutuskan merilis saham perusahaan kepada publik. Tujuan dari perusahaan yang menawarkan sahamnya ke publik adalah agar bisa mendanai perusahaan.

3. Investasi Saham yang Relatif Aman

Agar keuntungan bisa didapat, tentunya ada pilihan yang harus diambil yaitu pilih perusahaan yang biaya sekuritasnya cenderung murah. Meskipun demikian, bukan berart sekuritas yang tinggi tidak layak dipilih. Hal ini dengan catatan adalah ketika yang investasi saham adalah pemula. Pada umumnya biaya sekuritasnya tergantung kualitas dari pelayanan serta aplikasinya.

4. Jangan Langsung Pakai Dana Besar

Meskipun Anda punya cukup banyak uang, tapi tidak disarankan untuk langsung memakai dana besar untuk investasi saham. Apalagi kalau posisinya adalah pemula, masih terlalu antusias, dan perlu waktu lebih banyak untuk mempelajari. Akan lebih bijak jika Anda memulainya dengan modal minim antara 100 ribu sampai 1 juta, tapi cukup realistis.

Itulah hal yang penting diperhatikan sebelum investasi saham untuk pemula. Apakah Anda sudah pernah mempraktikkannya? Terimakasih telah membaca Infokecil semoga bermanffaat. (Pikirkan dengna kepala dingin, segala keputusan yg diambil hendaknya dilakukan karena kesadaran dan pemahaman yg lebih sebelum anda berinvestasi saham)