Cara Unduh Sertifikat vaksin di pedulilindungi Cepat dan mudah

News Infokecil - Pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus Covoid-19 sedang gencar-gencarnya melakukan vaskin bagi setiap warga negara Indonesia. Anda sudah vaksin dan belum mengerti Cara Unduh Sertifikat vaksin di pedulilindungi? Yuk simak lebih lanjut.


Sebelum anda mengunduhnya, pahami hal-hal berikut ini;


    Ap aitu  Vaksin COVID-19?

    Vaksin COVID-19 merupakan antibody yang dibuat untuk memacu imunitas dan kekebalan tubuh terhadap virus covid-19. Vaksin Covid-19 aman dan halal, serta telah melalui serakaian uji klinis dan terlah mendapat persetujuan WHO dan BPOM untuk dapat di terimakan kepada Masyarakat.  Diantaranya adalah : Sinovac, Astrazeneca,Sinopharm, moderna, dan Pfizer.


    Apa itu PeduliLindungi?

    Pedulilindungi merupakan sebuah aplikasi yg dikembangkan dalam rangka membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran vius covid-19. Di peduli Lindungi anda juga dapat menguduh sertifikat vaksin anda. 


    Apa saja Yang diperlukan untuk mengunduh sertifikat Vaksin covid-19?

    Seblum anda berniat mengunduhnya pastikan anda telah melakukan vaksinasi minimal 2x sesuai jadwal yang dianjurkan oleh pemerintah setempat.


    Cara mengunduh Sertifikat Vaksin Covid-19 secara mandiri.

    Untuk mengunduh sertifikat vaksin secara mandiri terdapat du acara yaitu:

    Cara pertama 

    Link dari SMS satgas Covid-19

    Jika saat pendaftaran vaksin covid-19 anda mendaftarkan nya menggunakan nomer hp Aktif maka setlah selesai vaksin anda akan mendapatkan sms dari satgas covid-19 yang berupa link unduh sertifikat vaksin anda.


    Ingat, Banyak yg tidak mengerti bahwa link tersebut hanya bisa di klik 1 (satu) kali, dan data yg diterima adalah rahasia Tidak bisa di sebarkan. Kerena menyangkut data pribadi. (jika anda mengklik link tersebut pastikan anda sudah siap untuk menguduhnya. Karena jika tidak, maka anda tidak akan bisa mendapatkan unduhan di klik berikutnya.)

    Cara kedua

    Melalui aplikasi Pedulilindungi

    Jika anda kesulitan dengan cara pertama, mungkin dikarenakan nomer hp tidak aktif sehingga tidak mendapat sms link atau anda sudah klik link dan lupa mengunduhnya, maka anda bisa menggunakan aplikasi Pedulilindungi untuk mengunduh sertifikat vaksin anda.

    Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

    Pastikan anda telah mengunduh aplikasi Pedulilindungi di playstore


    Buka Menu tab Pendaftaran

    Isikan Nama

    Masukan email aktif

    Lalu Verifikasi email anda


    Setelah akun anda aktif dan anda akan mengunduh sertifikat anda, maka buka menu unduh dari laman/aplikasi peduli lindungi, lalu isi form  unduhan dengan benar. Data yg dibutukan untuk pengisian form unduhan sertifikat vaksin antara laina adalah :


    Nama

    NIK

    Tanggal Lahir

    Tanggal Vaksin

    Jenis Vaksin



    Silahkan isi form tersebut lalu cetang bagian captha kemudan klik Periksa. Setelah laman sertifikat terbuka dan sertifikat anda muncul maka lakukan pendunduhan sertifikat tersebut dan simpan dengan baik sertifikat tersebut di hp anda. Atau jika perlu cetak kartu vaskin anda dalam bentuk seperti e-KTP di percetakkan terdekat.