Apa Itu Cryptocurrency? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Beberapa tahun terakhir ini mungkin Anda cukup banyak mendengar istilah cryptocurrency. Apa itu cryptocurrency? Sebagian orang memahaminya sebagai mata uang digital. Perkembangannya cukup pesat di dunia karena berbagai media memberitakannya. Tapi, cryptocurrency banyak memicu pro dan kontra. Seperti apa sebenarnya cara kerjanya?

Apa Itu Cryptocurrency dan Contohnya?

Sebagai mata uang digital, cryptocurrency menggunakan kriptografi sebagai jaminan. Karena ada kriptografi, transaksi cryptocurrency jadi tidak bisa dipalsu atau manipulasi. Dalam proses mencatat mata uang digital ini pada umumnya memakai sistem yang dinamakan blockchain. Teknologi blokchain diibaratkan sebuah buku besar dan bisa mencatat semua data transaksi yang efisien dan bisa diverifikasi.

Skema teknologi blockchain dikelola peer to peer (P2P) kolektif dan mengikuti rangkaian protokol demi validasi blok-blok yang baru. Di hampir semua negara ada cryptocurrency, jadi transaksinya dapat dilakukan lintas negara tanpa dipengaruhi kurs.

Apa Saja Contoh Cryptocurrency?

Beberapa contoh cryptocurrency yang populer di dunia adalah sebagai berikut;

Bitcoin (BTC)

Litecoin (LTC)

Ethereum (ETH)

Binance Coin (BNB)

Cardano (ADA)

Cara Kerja Cryptocurrency dan Fungsinya

Setelah memahami apa itu cryptocurrency, pahami juga cara kerjanya yang terkait sistem digital yang terenkripsi. Hal itu membuat cryptocurrency belum mendapat kontrol secara sentral sebagaimana mata uang pada umumnya. Kemudian yang disebut aset crypto itu adalah sistem pembayaran digital yang dibuktikan dengan kriptografi, yakni transaksi yang terverifikasi blockchain.

Lalu apa fungsinya? Sesuai dengan namanya, mata uang crypto dapat digunakan untuk bertransaksi atau alat tukar. Di beberapa negara telah ada ritel atau merchant yang memungkinkan transaksi dengan cryptocurrency menjadi alat membayar yang sah.

Bukan hanya sebagai alat untuk pembayaran, fungsi cryptocurrency juga bisa untuk berinvestasi. Tapi, sampai sekarang bagi masyarakat Indonesia, cryptocurrency masih belum umum menjadi mata uang. Meskipun juga tidak sedikit yang mulai menjadikannya sebagai sebuah aset untuk investasi yang menguntungkan.

Barangkali Anda sempat tertarik untuk memiliki dan menggunakan mata uang digital. Bukan hanya memahami apa itu cryptocurrency, tapi juga mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya.